Senin, 23 November 2015

Persepsi



Jadi kemarin saya baru nonton Begin Again nya Keira Kightley dan Mark Ruffalo. Saya suka film-film musical comedy drama gitu semacam music & Lyric atau musical drama seperti once, etc. Sebelumnya gak tau sih dengan film ini, maklum sekarang sudah tidak kekinian. Sampai kemarin dengerin Lost Star versi cewek dan saya penasaran karena gak kenal suaranya dan akhirnya berujung googling dan nonton film itu.

Surprise banget kalau itu yang nyanyi Keira Knightley dan ternyata itu memang first singing role buat dia. Saya langsung ingat teman saya yang Keira-geeks superb. Dulu saya suka merasa si temen ini hobi banget niru dandanannya bahkan gerak gerik dan ekspresi mukanya Keira. Apalagi doi badannya ala ala Keira gitu, kurus kebangetan, rambutnya sering dikuncir dan giginya gingsul XD. Namanya Gid. Kami sudah cukup lama berteman, bertemu di masa-masa hidup yang penuh drama dan sampai sekarang masih sering kontak walaupun isinya randomly chat saja.

Kemarin setelah bahas film ini scene per scene dengan penuh histeria dan jerit-jerit di whatsapp, saya mulai membuka diskusi dengan Gid tentang konsep “Begin Again”. Yang belum nonton jangan baca, karena saya akan spoiler ending filmnya XD.

Irn : Tapi ya, konsep begin again itu gak masuk sih di gw. Kalau udah ya udah aja.
Gid : Ini ngebahas si Dan (Mark Ruffalo) itu kan?
Irna : Si Keira ama Levine kan balikan lagi Gid
Gid : Kayaknya nggak deh, soalnya kan Keira pergi sebelum lagunya selesai
Irn : Tapi kan dia senang si Levine udah nyanyiin sesuai yang dia pengen
Gid : Nggak ah, soalnya Keira juga gak mau stay

Jrengg..  Yang asalnya mau bahas konsep Begin Again pada hubungan cinta jadi ngebahas lagi ending film yang ternyata kita berdua beda persepsi. Hwahaha..

Saya jadi kepikiran, kok bisa ya beda persepsi. Sejauh ini saya ama Gid jarang banget beda persepsi, biasanya se-iya se-kata.tsahhh

Esok harinya,
Gid : Tapi lo liat deh ekspresi mukanya levine pas keluar konser, kayak agak kaget seinget gw mah, jadi sih gw rasa mereka masing-masing. #tetepdibahas
Irn : Hmmmm.. Aduh gw gak inget, asa gak ada ekspresi

Karena penasaran, saya nonton ulang kembali scene terakhir di film itu. O iya, mukanya Keira kecewa gitu.. doi kayaknya ngerasa Lost Cause aja. Trus saya jadi merhatiin muka Levine, oh iya dia kaget dan kecewa si Keira gak ada. Oh iya kayaknya mereka gak balikan lagi. OMG, kenapa saya luput ya ekspresi itu?

Saya coba pikir ulang, kenapa ada perbedaan persepsi? Apa karena perbedaan kode yang ditangkap sama saya dan Gid.
Saya coba list activity apa yang dilakukan kami ketika nonton scene terakhir itu :
Irn
Gid
Ter-Distract sama nyanyian Levine (Karena saya The Voice-geeks)
Memperhatikan ekspresi Keira (Karena dia Keira-geeks)
Ikut terbawa arus penonton konser dan sing a song
Ikut terbawa sama perasaan kecewa Keira
Berpikir Keira pergi naik sepeda cari Mark Rufallo mau cerita bahwa dia habis dari konser Levine
Melihat Keira pergi naik sepeda dan merasa sudah tidak ada alasan lagi untuk stay dan kembali dengan Levine
Ekspresi Levine di akhir konser adalah ekspresi terhadap emosi lagunya
Ekspresi Levine sedih karena Keira tidak mau stay dan kecewa
*List aslinya saya tulis di tisu pada saat makan siang tadi (efek drama)

Persepsi oh persepsi. Saya jadi ingat dulu pernah baca tentang bahwa persepsi itu ditentukan objek. Kerennya objek yang kita fokuskan ini akan menimbulkan stimulus, stimulus itu yang kita tangkap dan jadi bahan yang akan kita simpulkan menjadi persepsi. Tahap akhirnya sih akan mempengaruhi perilaku dan membentuk sikap. Lebih jelasnya bisa googling ya :D. Nah, bagaimana saya dan Gid bisa sama persepsinya kalau objeknya saja sudah beda. Haha..

Dan Hey, ini saya baru bicara mengenai persepsi saya dan teman saya terhadap suatu film. Gimana di kehidupan sehari-hari ya. Kebayang gak sih sekarang kita sering beda persepsi sama orang gara-gara apa? Ngeri gak sih kalau perilaku dan sikap kita itu ditentukan karena persepsi? Kalau persepsinya salah gimana? 

Sekarang terjawab sudah kenapa kadang-kadang saya suka beda persepsi sama temen kantor saya. Oh karena objeknya beda, fokusnya beda dan kita tidak melakukan komunikasi yang baik akan hal itu. Kenapa saya sama suami saya sudah jarang beda persepsi? Oh karena kami tahu harus sama-sama fokus ke mana, kami selalu berkomunikasi dengan baik dari a to z. 

Jadi boleh gak sih kalau saya katakan bahwa kegiatan menyamakan persepsi itu akan mudah sebenarnya kalau komunikasi baik, masing-masing tau fokus dan tujuannya, mau mendengar atau bahkan menunda penarikan kesimpulan dulu sebelum point 1 dan 2 dilakukan dan yang terakhir, jangan lupa untuk melakukan upgrade pengetahuan kita J (yang ini penting banget). Btw, ini boleh didebat kok, karena ini murni buah pemikiran sotoy saya aja bukan karena saya ngerti banget tentang persepsi. Ini aja nulis persepsi karena abis beda persepsi. Heheheh..

Atau kalau gak mau ribet begitu ada cara lain untuk meminimalisir terjadinya salah persepsi. Yaitu, jadikanlah semua orang menjadi pasangan. hahaha *selfkeplak*

Yah intinya, silakan nonton Begin Again dan fokuslah pada filmnya bukan Keira atau Levine nya :D

-Irna-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar